Senin, 27 Desember 2010

Sekarang Waktunya Berkenalan dengan CSMA/CD

        CSMA/CD(Carier  Sense  Multiple  Access/Collision  Detection)  adalah  modifikasi  dari CSMA(Carier Sense Multiple Access) di mana terjadi peningkatan performa dengan menghentikan transmisi  jika  terjadi  tabrakan(collision)  dan  mengurangi  terjadinya  tabrakan  lagi  pada  percobaan transmisi signal berikutnya. Protokol  CSMA/CD  dapat  dianalogikan seperti  komunikasi  pesta malam hari  pada ruangan tanpa cahaya.  Setiap orang di  sekitar meja harus mendengarkan untuk suatu periode waktu sebelum berbicara(carrier sense).  Ketika keheningan terjadi setiap orang memiliki  peluang yang sama untuk mengatakan sesuatu(collision detection).
        Ethernet adalah protokol klasik CSMA/CD. Setiap interface harus menunggu sampai tidak ada siyal pada channel, kemudian baru memulai transmisi. Jika beberapa interace men-transmisikan maka kan ada sinyal  pada channel(carrier).  Semua interface yang lain harus menunggu sampai  carrier erhenti sebelum mencoba untuk men-transmisikan(carrier sense). Semua interface ethernet memiliki kemampuan dan hak yang sama untuk mengirim frame ke jaringan(network),  demokrasi berlaku di sini(multiple access).  Karena sinyal  membutuhkan  waktu terbatas untuk berjalan dari akhir suatu sistem ethernet ke yang lain, bit-bit pertama dari frame yang ditransmisi tidak mencapai semua bagian dari network secara simultan. Oleh karena itu ada kemungkinan bagi dua interface untuk mendeteksi bahwa network sedang menganggur(idle).Ketika hal ini terjadi, sistem ethernet  memiliki  cara  untuk  mendeteksi  tabrakan  sinyal  dan menghentikan  transmisi  dan
mengirim kembali sinyal(collision detection).
        CSMA/CD  adalah  protokol  layer  kedua  pada  OSI  model.  Protokol  ini  didesain  untuk menyediakan akses yang adil  untuk sebuah channel  yang digunakan bersama-sama sehingga semua stasiun mendapat kesempatan untuk menggunakan network. Setelah setiap paket transmisi pada semua station menggunakan  CSMA/CD protokol  untuk menentukan stasiun mana yang berikutnya  untuk mengunakan channel ethernet.

Carrier Sense Multiple Access with Collision 






http://www.ethermanage.com/ethernet/10quickref/ch1qr_7.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Carrier_sense_multiple_access_with_collision_detection

Tidak ada komentar:

Posting Komentar